Flora dan Fauna



Cerita Rakyat Jawa Barat: Legenda Gunung Tampomas

 


Gunung Tampomas terletak di Kabupaten Sumedang Provinsi Jawa Barat. Gunung ini memiliki kisah legenda yang diceritakan secara turun-temurun hingga sekarang. Dulunya Gunung Tampomas bernama Gunung Gede.

Menurut cerita rakyat Jawa Barat, pada masa kerajaan Sumedang, Gunung Gede pernah mengeluarkan erupsi. Untuk menghentikan erupsi tersebut, Raja Sumedang saat itu harus melemparkan keris emas ke dalam kawah Gunung Gede sehingga namanya diubah menjadi Gunung Tampomas.

Dahulu kala di Kerajaan Sumedang terdapat sebuah gunung yang dikenal dengan nama Gunung Gede. Pada suatu hari, tiba-tiba saja puncak Gunung Gede mengeluarkan asap putih. Hewan-hewan kemudian berlarian meninggalkan lereng Gunung Gede. Bukan hanya itu, tidak lama kemudian sebuah gempa mengguncang di daerah sekitar Gunung Gede.

Gunung Gede itu meletus demikian hebatnya, suaranya menggelegar hingga terdengar di seluruh penjuru kerajaan Sumedang. Raja Sumedang yang berada di istana pun terkejut dengan suara letusan Gunung Gede.

Sementara itu lahar panas yang menyala, mengalir dari puncak Gunung Gede hingga ke sawah dan ladang-ladang penduduk. Sawah yang tinggal menunggu panen itu pun terbakar habis, ternyata letusan itu tidak hanya terjadi sekali tetapi berulang-ulang selama beberapa hari lamanya.

Sedangkan lahar panas terus mengalir seakan-akan tidak mau berhenti, semakin lama lahar panas itu pun mencapai perkampungan penduduk. Kali ini bukan hanya sawah dan ladang, tetapi rumah penduduk pun terbakar habis.


Sumber : https://portaljember.pikiran-rakyat.com/pendidikan/pr-161642801/cerita-rakyat-jawa-barat-legenda-gunung-tampomas

Cerita Rakyat Jawa Barat: Legenda Gunung Tampomas Cerita Rakyat Jawa Barat: Legenda Gunung Tampomas Reviewed by Kelasku on Juni 05, 2021 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Jasa Website

Bussines
Diberdayakan oleh Blogger.